Tips Berkendara Aman Agar Mobil Tak Bermasalah dalam Jalur Contraflow

Tips Berkendara Aman Agar Mobil Tak Bermasalah pada Jalur Contraflow

Infocakrawala.com – eksekutif akan melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelancaran lalu ketertiban lalu lintas di area masa libur Natal 2023 dan juga Tahun Baru 2024 (Nataru). 

Salah satu metode adalah mengadakan rekayasa lalu lintas merupakan contraflow, di tempat mana pihak kepolisian akan melakukan buka-tutup satu lajur berlawanan arah sesuai jadwal lalu kondisi lapangan untuk mengurai kepadatan jalan

Berikut beberapa hal yang digunakan perlu diperhatikan agar kendaraan tetap saja aman selama menyeberangi jalur Contraflow dari Auto2000, Mingguan (24/12/3023):

Pelajari Jadwal lalu Titik Contraflow

Sebelum melintas, sebaiknya cari informasi jadwal lalu lokasi contraflow. Pengetahuan mengenai aturan ini biasanya mampu didapatkan melalui social media atau operator jalan tol. Sebelum lajur lawan-arah pasti telah ada rambu-rambu yang dimaksud dipasang.

Pintu Keluar Tol Tidak Terlewati

Pada umumnya, jalur contraflow mempunyai satu pintu masuk kemudian satu pintu keluar. Jika pintu gerbang mengundurkan diri dari tol sudah ada terlewat, maka Anda perlu melanjutkan perjalanan hingga jalur contraflow berakhir lalu mencari pintu mengundurkan diri dari jalan tol.

Melihat rute contraflow antara KM 47 – KM 87 Jalan Tol Ibukota Indonesia Cikampek, artinya semua pintu tol antara titik yang dimaksud akan terlewati bila memilih lajur contraflow. 

Termasuk interchange menuju Jalan Tol Cipularang tujuan Bandung yang dimaksud berada dalam Dawuan KM 67.

Waspada bagi User Jalan Layang Tol MBZ

Jalan Layang Tol MBZ memiliki titik akhir di dalam sekitar KM 47 Jalan Tol Cikampek. Sehingga, ada kemungkinan Anda tiada bisa jadi pindah ke lajur contraflow mengingat ada peluang tidaklah sanggup memotong masuk ke aksesnya. Anda harus memperhitungkannya kalau ternyata perkiraan ini benar.

Persiapan pada Lajur Kanan Sebelum Akses ke Contraflow

Ketika sudah ada mengetahui titik juga lokasi jalur contraflow, maka disarankan untuk mempersiapkan kendaraan di area lajur kanan. Bersiaplah sekitar 2 km sebelum pintu masuk jalur contraflow supaya tiada kelewatan atau melakukan manuver mendadak yang digunakan berbahaya.

Atur Kecepatan Mobil

Mobil tiada boleh terlalu cepat atau terlalu lambat dalam lajur lawan arah ini. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas. Namun kalau terlalu cepat juga berbahaya mengingat berada di dalam jalur mobil lain dari lawan arah. Idealnya, kecepatan kendaraan di area jalur contraflow adalah 60 km/jam.

Jaga Jarak Aman

Pastikan jarak aman dengan kendaraan di area depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman, Anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan.

Demikian tips berkendara aman ketika melintas di tempat jalur contraflow.

(Sumber: Suara.com)