Tangguhkan Sementara Kirim Model Hasil Bekerjasama dengan Daihatsu, Toyota Indonesia Sebutkan Safety Products

Tangguhkan Sementara Kirim Model Hasil Bekerjasama dengan Daihatsu,  Toyota Indonesia Sebutkan Safety Products

Infocakrawala.com – Toyota Indonesia sudah pernah menangguhkan sementara pengiriman beberapa model Toyota dalam Indonesia, khususnya untuk produk-produk yang tersebut dikembangkan dengan Daihatsu. Penangguhan ini adalah aksi lanjut penemuan beberapa prosedur yang tak sesuai standar oleh Daihatsu Motor Co. Ltd yang mana diinformasikan 28 April 2023.

Dikutip dari kantor berita Antara, sebelum ini principal Daihatsu dalam Negeri Matahari Terbit telah terjadi menerima hasil investigasi dari Komite Pihak Ketiga Independen yang menemukan bahwa terdapat data tiada sesuai dalam beberapa kendaraan yang menyebabkan diberhentikannya pengiriman model terdampak, baik untuk distribusi lokal mau pun luar negeri.

Okudaira Soichiro, Presiden Daihatsu Motor Co. Ltd menyatakan bahwa pihaknya akan menanggapi hal ini dengan kritis untuk memberikan kenyamanan terhadap setiap pelanggan yang mana tersebar pada berbagai negara.

“Kami akan menanggapi situasi ini dengan sangat serius, dikarenakan hal ini mengguncang pondasi perusahaan sebagai produsen mobil,” jelas Okudaira Soichiro.

Presiden Joko Widodo meninjau hasil ekspor Toyota Fortuner di acara "Pelepasan Ekspor 2 Juta Unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia lalu Ekspor Pertama Fortuner ke Australia" [PT TMMIN].
Presiden Joko Widodo ketika meninjau barang ekspor Toyota Fortuner di acara “Pelepasan Ekspor 2 Juta Unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta Ekspor Awal Fortuner ke Australia” [PT TMMIN].

Sehingga pengumuman yang digunakan diadakan Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC) serta Toyota Motor Corporation (TMC) pada 20 Desember 2023 pada Negeri Sakura merupakan bentuk tanggung jawab dan juga komitmen prinsipal pada menindaklanjuti adanya ketidakteraturan prosedur sertifikasi yang tersebut telah lama disampaikan sebelumnya pada 28 April 2023.

“Kami ingin memberikan konfirmasi bahwa pada waktu ini pelanggan yang menggunakan produk-produk Toyota termasuk yang mana dikembangkan dengan dengan Daihatsu bukan perlu khawatir atau melakukan tindakan apa pun, dan juga dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa,” demikian Toyota Indonesia memberikan keterangan resmi pada Hari Jumat (22/12/2023).

Sebagai catatan, Toyota Indonesia meliputi PT Toyota-Astra Motor (TAM) lalu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Keduanya sama-sama menjamin keamanan kendaraan-kendaraan yang digunakan diproduksi dengan dengan Daihatsu pada Indonesia.

Keterangan resmi ini juga menyatakan bahwa semua produk-produk yang dimaksud diproduksi sama-sama Daihatsu dalam Indonesia telah terjadi memenuhi semua aturan lalu proses yang telah ditentukan.

Toyota Indonesia juga telah berkoordinasi untuk pemerintahan Indonesia terkait kesulitan ini, juga menjabarkan semua fakta terkait tindakan hukum yang dimaksud terjadi ketika ini.

“Setelah berkonsultasi mengenai tindakan selanjutnya, diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan sama-sama dengan Daihatsu oleh Toyota Indonesia telah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi keperluan pelanggan di area Indonesia,” demikian bunyi keterangan resmi Toyota Indonesia.

Harapan pemerintah Indonesia, ekspor yang terdampak dapat dilaksanakan kembali sesegera mungkin saja setelahnya ada konfirmasi dari otoritas terkait dalam negara tujuan ekspor.

Sementara itu, Daihatsu Indonesia juga menegaskan bahwa semua produksi yang dijalankan di tempat Indonesia tiada terdampak dengan yang terjadi pada Negeri Matahari Terbit seperti kesulitan kualitas kemudian keselamatan.

“Kendaraan Daihatsu sudah ada memenuhi regulasi yang berlaku. Kami tetap saja berkoordinasi dengan otoritas pemerintah Indonesia. Pelanggan Daihatsu tetap saja dapat menggunakan kendaraannya dengan aman kemudian nyaman,” demikian tulis keterangan resmi Daihatsu Indonesia.

(Sumber: Suara.com)