Lady Biker Wajib Tahu, Begini Tips Aman Naik Motor dalam Jalan Agar Tak Celaka

Lady Biker Wajib Tahu, Begini Tips Aman Naik Motor pada Jalan Agar Tak Celaka

Infocakrawala.com – Sudah menjadi hal lumrah ketika lady biker kerap wira-wiri di tempat jalan dengan menggunakan motor.

Namun tak sedikit dari merek yang belum begitu paham tentang tips aman ketika mengendarai motor di tempat jalan.

Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta pada masa kini berbagi tips aman berkendara dalam jalan motor khususnya untuk lady biker. Terdapat lima hal yang mana harus diperhatikan para lady biker.

1. Kepekatan Saat Berkendara

Konsentrasi mengambil peranan penting ketika berkendara di area jalan. Apalagi hal yang disebutkan juga sudah diatur pada m Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat (1) yang dimaksud menyebutkan pengemudi harus memperhatikan jalan dengan fokus.

Konsentrasi pada waktu berkendara diadakan agar tidak ada memunculkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, juga pengguna jalan yang tersebut lain.

Salah satu cara mengemudi dengan penuh konsentrasi adalah tak menggunakan ponsel ketika kemudian selama berkendara. Maksud dari “penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor tak terganggu perhatiannya, salah satunya dari pemakaian telepon atau ponsel.

2. Pemakaian helm

Dalam pemaiaian helm, lady biker harus memperhatikannya akibat benda ini penting untuk melindungi kepala kita.

Berikut tips memilih helm agar aman serta nyaman pada waktu digunakan :

a. Pilih helm yang tersebut sudah ada label SNI.

b. Gunakan helm sesuai ukuran.

c. Hindari ketika menggunakan helm pada kondisi rambut yang tersebut basah, memakai aksesoris rambut yang digunakan berlebihan.

d. Sebelum menggunakan helm pastikan rambut lalu poni kita rapi bukan mengganggu pada waktu kita berkendara, anda bisa saja mengikat rambut atau menggunakan penutup kepala agar rambut tetap saja rapi lalu tidaklah kusut pada waktu terkena angin.

e. Bagi pengguna hijab ketika berkendara dengan helm, pilihlah komponen hijab yang dimaksud tak licin, gunakan inner hijab hal ini bertujuan memberikan rasa nyaman. Gunakan model hijab yang tersebut simple, jikalau telah sampai tempat tujuan bisa saja disesuaikan model hijab dengan yang dimaksud kita inginkan agar dapat masih berpenampilan cantik lalu rapih meskipun menggunakan helm.

f. Jangan lupa sampai “klik” ya pada waktu menggunakan helm, ini menjadi point penting pada waktu kita menggunakan helm. Wah mampu meningkatkan peluang bahaya jikalau sampai terlupakan.

3. Membawa Barang Bawaan

Pasti tak sedikit dari lady biker yang mana menghadirkan barang bawaan merupakan tas menyamping. Ternyata hal yang disebutkan dapat membahayakan ketika berkendara.

Saat berkendara menggunakan motor kemudian menghadirkan tas, khawatirnya dapat mengganggu konsentrasi hingga mengakibatkan peluang bahaya lain (tersangkut benda asing yang digunakan ada dijalan/kendaraan lain lalu tindakan kriminal), disarankan ladies dapat menyimpan tas selama berkendara dalam bagasi motor untuk menjaga keamanan kemudian kenyamanan.

Berkendara dengan sepeda gowes motor memang benar paling nyaman kemudian aman menggunakan tas ransel.

4. Pemilihan penyelenggaraan alas kaki

Sama halnya dengan tas, alas kaki perempuan juga sangat bervariasi modelnya. Namun perlu diperhatikan, ladies menggunakan alas kaki yang mana menutupi hingga bagian mata kaki.

Bagi yang dimaksud gemar menggunakan sandal yang dimaksud miliki heels atau hak tinggi sebaiknya dihindari, dikarenakan dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan ketika berkendara.

Maka, agar berkendara menjadi lebih tinggi aman kemudian nyaman disarankan menggunakan sepatu.

5. Pengaplikasian Rok Saat Naik Motor

Sering kita jumpai pengendara ataupun penumpang perempuan pada waktu naik sepeda gowes motor menggunakan rok pada waktu berkendara.

Penggunaan rok pada waktu naik motor tidaklah dilarang, namun pada safety riding disarankan pengguna sepeda gowes motor menggunakan celana panjang pada waktu berkendara.

Menggunakan celana pada waktu naik kendaraan beroda dua motor dinilai akan lebih banyak nyaman serta leluasa bergerak di mengendalikan sepeda gowes motor.

Ladies bisa jadi menggunakan rok sebagai pengganti apabila sudah ada sampai tempat tujuan, bukankah keselamatan kita pada waktu pada jalan ataupun pada waktu naik kendaraan beroda dua motor menjadi prioritas?

(Sumber: Suara.com)