Toyota Masih Kesepahaman dengan pemerintahan Soal Skandal Penyimpangan Hasil Uji Tabrak

Toyota Masih Kesepahaman dengan pemerintahan Soal Skandal Penyimpangan Hasil Uji Tabrak

Infocakrawala.com – Sejumlah produk-produk Toyota turut merasakan imbas dari skandal penyimpangan prosedur uji tabrak yang diadakan oleh Daihatsu.

Dalam dokumen yang tersebut dilampirkan Toyota, model-model terdampak yang tersebut dijual pada Indonesia antara lain Avanza, Rush, Raize, Veloz dan juga Yaris Cross.

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menyampaikan, pihaknya sampai pada waktu ini masih menjalin komunikasi dengan pemerintah.

“Hari ini kami sedang koordinasi juga ke pemerintah, khususnya untuk melanjutkan produksi, nanti akan kita kabari,” ujar Anton Jimmy pada waktu dihubungi, Kamis (21/12/2023).

Kendati demikian, Anton menyampaikan, dari hasil komunikasi yang tersebut dilaksanakan sama-sama prinsipal, hasil di tempat Indonesia tidaklah terdampak.

“Kita sudah ada cek dengan principal khususnya barang dalam Indonesia, ini bukanlah isu safety atau quality, dan juga memenuhi regulasi Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya Daihatsu sudah menerima hasil investigasi dari komite independen yang tersebut diketuai oleh Makoto Kaiami terkait penyimpangan prosedur yang digunakan kemudian dilaporkan ke Toyota Motor Corporation.

Dari hasil investigasi yang disebutkan ditemukan ada penyimpangan pada 174 item di 25 kategori pengujian. Hal ini berbeda dari temuan sebelumnya yang digunakan terkait dengan penyimpangan pada lapisan pintu lalu uji tabrakan samping.

Sejauh ini total 64 model lalu 3 mesin kendaraan yang dimaksud terlibat melawan merek Toyota, Mazda, Subaru, juga Daihatsu. Khusus untuk Toyota, total ada 22 model serta 1 mesin. Toyota juga sudah ada memohon maaf terkait isu ini.

“Kami ingin menyampaikan permintaan maaf yang dimaksud tulus menghadapi ketidaknyamanan lalu perasaan khawatir yang dimaksud ditimbulkan terhadap seluruh pemangku kepentingan, termasuk pelanggan,” tulis keterangan Toyota.

(Sumber: Suara.com)