IFSC Asia Qualifier 2023: Panjat Tebing Indonesia Target Raih Tiket Olimpiade 2024

IFSC Asia Qualifier 2023: Panjat Tebing Indonesia Target Raih Tiket Olimpiade 2024

InfoCakrawala.com – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menggelar kejuaraan panjat tebing berskala regional. Kejuaraan bertajuk IFSC Asia Qualifier 2023 hal itu akan diselenggarakan pada Jakarta, 9-12 November 2023.

Perlombaan kali ini merupakan babak kualifikasi Asia untuk menentukan peraih tiket Olimpiade Paris 2024. Karenanya FPTI pun menargetkan atletnya mampu meraih tiket ke multievent empat tahunan itu dalam sini.

IFSC Asia Qualifier 2023 akan diikuti oleh 95 atlit dari 15 negara dalam benua Asia. Kategori yang digunakan dipertandingkan meliputi dua disiplin lomba kategori putera puteri. Mencakup kategori Speed putra kemudian putri, Lead&Boulder (combine) putra kemudian putri.

“Melalui event kali ini kami berharap Indonesia kembali sanggup meraih tiket Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga panjat tebing. Apalagi kejuaraan ini dijalankan pada rumah kita sendiri,” ucap Yenny Wahid, Ketua FPTI dalam keterangan tetulis, Rabu (8/11/2023).

Lebih sangat jauh Yenny menjelaskan bahwa event kali ini merupakan upaya lanjutan FPTI, untuk memperbanyak jumlah agregat atlit Indonesia cabor panjat tebing yang mana dapat mengikuti Olimpiade Paris 2024.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid (kiri) kemudian Menteri Pemuda dan juga Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo. [Dok. FPTI]
Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid (kiri) juga Menteri Pemuda juga Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo. [Dok. FPTI]

Sebelumnya Indonesia sudah pernah meraih satu tiket melalui kategori Speed putri, yang didapatkan Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Manajer Olahraga event IFSC Asian Qualifiers 2023, Hendricus Mutter menyatakan kalau kesiapan lokasi acara sudah memenuhi standar internasional. Kejuaraan ini sendiri akan digelar dalam arena panjat tebing yang baru cuma selesai dibangun di dalam Lot 11 Gelora Bung Karno (GBK).

“Hanya permasalahan faktor cuaca belaka yang dimaksud mungkin sulit diantisipasi mengganggu event kali ini”, ucap Hendricus Mutter.

Pada kesempatan ini Indonesia akan mengirimkan tiga atlit putri, serta tiga atlit putra kategori Speed. Sementara untuk kategori Lead & Boulder (Combine), Indonesia mengirimkan tiga atlit putri serta tiga atlit putra juga.

Sebelum dilaksanakan di tempat Indonesia, beberapa zona lain seperti Pan Amerika dan juga Eropa sudah pernah melaksanakan pertandingan kualifikasi.

Secara total untuk seluruh dunia, ada jatah 68 tempat untuk atlit dapat bertarung di tempat Olimpiade Paris 2024 dari cabor panjat tebing.

Sebanyak 40 tempat diperebutkan bagi kategori Lead&Boulder. Sementara jatah kategori Speed berjumlah 28 tempat, yang diperebutkan untuk atlit panjat tebing seluruh dunia.

(Sumber: Suara.com)