Infeksi penyebaran virus Corona Naik Lagi, Prof Zubairi Djoerban Ingatkan Publik Kembali Pakai Masker kemudian Jaga Jarak

Infeksi penyebaran virus Corona Naik Lagi, Prof Zubairi Djoerban Ingatkan Publik Kembali Pakai Masker kemudian Jaga Jarak

Infocakrawala.com – Paparan infeksi pandemi Covid-19 pada Indonesia belum hilang, justru terjadi peningkatan perkara postif mingguan. Kementerian Bidang Kesehatan RI mencatatkan perkara mingguan pada periode 28 November – 2 Desember 2023 sebanyak 267 kasus. Padahal sebelumnya berada kisaran 30 sampai 40 persoalan hukum per minggu.

Menyikapi hal tersebut, dokter spesialis penyakit di prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD., mengingatkan agar rakyat tetap memperlihatkan lakukan protokol keseharan untuk mengurangi tertular infeksi Covid-19.

“Dengan adanya peningkatan perkara ini, saya ingin mengingatkan rakyat kembali untuk pakai masker, masker, masker. Lalu patuh protokol kemampuan fisik lainnya. Seperti cuci tangan, etika batuk serta bersin, konsumsi makan sehat, hindari tempat umum ketika mengalami flu dan juga sejenisnya,” arahan prof. Zubairi melalui cuitannya dalam X, diambil Rabu (6/12/2023).

Lonjakan perkara yang dimaksud tidak ada semata-mata terjadi pada Indonesia, tapi juga beberapa negara tetangga seperti Tanah Melayu kemudian Singapura. Kemenkes RI sendiri telah lama mengonfirmasi kalau lonjakan infeksi itu akibat adanya varian baru virus Covid-19, yakni varian EG.5.

Prof. Zubairi menjelaskan bahwa tidaklah ada perbedaan gejala yang digunakan signifikan dari paparan infeksi varian tersebut.

“Berkaitan dengan varian terbaru virus pandemi Covid-19 yang tersebut mendominasi Singapura, yakni varian EG.5, tiada ada gejala yang tersebut berbeda secara signifikan dengan varian lainnya, gejala yang disebutkan antara lain, pilek, sakit tenggorokan, juga bersin,” jelasnya.

Varian itu disebut lebih besar menyerang saluran napas atas. Jarang ditemukan pada pasien kalau virus menyerang sampai ke paru-paru. Angka kematiannya juga relatif rendah. Di Indonesia juga tidak ada dilaporkan adanya peningkatan terkait perawatan dalam rumah sakit.

Mantan Ketua Satgas Penanganan wabah Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu juga mengingatkan rakyat untuk tetap memperlihatkan mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Jika Anda belum vaksinasi maupun telah lama sejak terakhir kali mendapatkan vaksin, mampu lakukan vaksinasi ya. otoritas sendiri bilang kalau vaksinasi masih gratis sampai Desember nanti,” sarannya.

“Namun saya bukan meninjau ketersediaan vaksin pada waktu melakukan pengecekan pada beberapa klinik. Mungkin bisa jadi dibantu infokan terhadap saya klinik mana sekadar yang digunakan sanggup mendapatkan vaksinasi,” kata prof. Zubairi.

(Sumber: Suara.com)