Profil Pimpinan Daerah Gunungkidul, Izinkan Raffi Ahmad Bangun Beach Club di tempat Kawasan Lindung

Profil Pimpinan Daerah Gunungkidul, Izinkan Raffi Ahmad Bangun Beach Club pada tempat Kawasan Lindung

Infocakrawala.com – Kabar Raffi Ahmad akan mendirikan beach club juga resort dalam Pantai Krakal, Gunung Kidul, Yogyakarta sedang menuai kontroversi. Apalagi momen peletakan batu pertama perkembangan itu juga dihadiri oleh Kepala Daerah Gunung Kidul yang mana pada saat ini jadi sorotan.

Hal itu sebab konstruksi beach club milik Raffi di tempat berhadapan dengan tanah seluas 10 hektare yang disebutkan dibangun di dalam menghadapi wilayah Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunungsewu bagian timur. Kawasan KBAK tempat Raffi mendirikan beach club itu adalah jenis kawasan lindung yang digunakan seharusnya dijaga.

Meski pada masa kini menuai kontroversi, Raffi Ahmad serta Pimpinan Daerah Gunungkidul, Sunaryanta sudah melakukan peletakan batu pertama untuk menandai dibangun beach club dalam Gunung Kidul pada Hari Sabtu (16/12/2023) lalu.

Lantas siapa sebenarnya sosok Kepala Kabupaten Gunungkidul yang tersebut mengizinkan Raffi Ahmad memulai pembangunan beach club di tempat kawasan lindung? Simak penjelasan berikut ini.

Profil Kepala Daerah Gunungkidul Sunaryanta

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang digunakan membantu proyek beach club yang digunakan akan dibangun Raffi Ahmad di tempat Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta. (Instagram @raffinagita1717)
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang dimaksud menyokong proyek beach club yang dimaksud akan dibangun Raffi Ahmad di area Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta. (Instagram @raffinagita1717)

Sunaryanta adalah orang mantan tentara yang mana dilantik menjadi Pimpinan Daerah Gunungkidul untuk periode 2021-2024. Dia lahir pada Gunungkidul, 9 November 1970 sehingga sekarang berusia 53 tahun. 

Sunaryanta tercatat sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD) sejak 13 Februari 1993. Selama menjadi prajurit, Sunaryanta pernah bertugas sebagai ajudan Ryamizard Ryacudu pada waktu beliau menjabat sebagai Pangkostrad (2002), Kasad (2002-2005) dan juga Menteri Perlindungan (2014-2015).

Kemudian sejak tahun 2016 hingga 2019, Ryamizard mengangkat Sunaryanta sebagai asisten pribadi.

Pada Agustus 2020, Sunaryanta mengundurkan diri untuk forward menjadi calon bupati Gunungkidul. Pangkat terakhir yang Sunaryanta sandang adalah Mayor Chb. Pangkat itu melekat dengan sikap sebagai Penyusun Naskah Subbag Hubungan Lembaga Non otoritas Bagian Hubungan Kemitraan Rohumas Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. 

Sunaryanta meraih kemenangan Pemilihan Kepala Kabupaten Gunungkidul 2020 dengan pasangannya, Heri Susanto diusung oleh Partai Golkar serta PKB. Dia kemudian resmi dilantik menjadi bupati Gunungkidul ke-28 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X  pada 26 Februari 2021.

Sunaryanta menikah individu perempuan bernama Diah Purwanti. Keduanya dikaruniai dua putra yakni Yudha Dinasti kemudian Dimas Waskita Kusuma.

Izinkan Raffi Ahmad Bangun Beach Club dalam Kawasan Lindung

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang mana membantu proyek beach club yang digunakan akan dibangun Raffi Ahmad pada Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta. (Instagram @raffinagita1717)
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang digunakan mengupayakan proyek beach club yang tersebut akan dibangun Raffi Ahmad di tempat Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta. (Instagram @raffinagita1717)

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta turut sama-sama Raffi Ahmad melaksanakan peletakan batu pertama perkembangan beach club di tempat Gunungkidul pada Hari Sabtu (16/12/2023) lalu. Dalam sambutannya, Sunaryanta mengungkapkan pariwisata kemudian pembangunan ekonomi adalah inisiatif unggulan ketika dirinya menjabat sebagai Kepala Kabupaten Gunungkidul. Dia mengungkapkan penanaman modal dan juga pariwisata akan menggerakkan sektor ekonomi masyarakat.

“Kawasan selatan Gunungkidul miliki prospek luar biasa. Sudah sejumlah pemodal memulai pembangunan wahana wisata lalu pada tahun 2023 ini ada 3 wahana wisata yang dimaksud dibangun,” ucap Sunaryanta ketika itu.

Sunaryanta menyatakan ke depannya, ada beberapa kawasan yang digunakan juga akan dibangun destinasi wisata berkelas pada Gunungkidul oleh para investor.

“Dampaknya tentu akan semakin sejumlah wisatawan yang tersebut datang ke Gunungkidul juga perekonomian penduduk juga makin meningkat,” kata dia.

Sementara itu Raffi Ahmad mengungkapkan berinvestasi di tempat Gunungkidul tak lepas dari daya tarik kawasan wisata pantai selatan Gunungkidul.

“Bali sekarang telah menjadi kawasan sektor yang dimaksud ‘berjubel,” tutur suami Nagita Slavina itu.

Selain itu Raffi menyatakan Jogja termasuk di dalam dalamnya Gunungkidul di hal pariwisata punya keunggulan lalu peluang cukup baik pada Indonesia. Penyertaan Modal yang dimaksud diharapkan dapat membangkitkan perekonomian warga sekitar. 

“Gunungkidul jadi kawasan yang dimaksud sangat menarik kemudian punya potensi,” ungkap dia.

Raffi menjelaskan beliau akan merancang tak kurang dari 300 unit villa yang tersebut lokasinya tak sangat dari Pantai Krakal. Peletakan batu pertama kawasan yang tersebut nantinya dinamai Bekizart itu secara secara langsung diunggah  dalam media sosial. 

Harapan Raffi adalah follower media sosialnya kemudian juga rekan sesama artis atau influencer dapat menyaksikan kegiatan itu.

“Saya ingin Gunung Kidul jadi pusat perhatian, pada waktu ini eranya media sosial,” pungkas dia.

Kontributor : Trias Rohmadoni

(Sumber: Suara.com)