Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene Terbuat dari Atom

Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene Terbuat dari Atom

Infocakrawala.com – MOSCOW – Sekelompok ilmuwan dari National Research Nuclear University MIFI di tempat Rusia mengumumkan bahwa dia telah lama mengembangkan semikonduktor graphene pertama di area dunia.

Penemuan ini merupakan terobosan revolusioner di bidang komputasi, oleh sebab itu graphene memiliki banyak keunggulan dibandingkan material semikonduktor tradisional, seperti silikon.

Graphene adalah material dua dimensi yang tersebut terdiri dari satu lapisan atom karbon yang tersebut disusun di kisi heksagonal. Material ini memiliki berbagai keunggulan,

Seperti dilansir dari Wion News, Mobilitas elektron yang sangat tinggi, yang mana berarti bahwa elektron dapat bergerak dengan sangat cepat dalam di graphene.

Daya tahan yang tinggi, yang mana berarti bahwa graphene dapat menahan tekanan lalu suhu yang tinggi.
Elastisitas yang dimaksud tinggi, yang mana berarti bahwa graphene dapat diubah bentuknya dengan mudah.

Konduktivitas termal yang dimaksud tinggi, yang mana berarti bahwa graphene dapat menghantarkan panas dengan sangat baik.

Keunggulan-keunggulan ini menimbulkan graphene sangat cocok untuk digunakan sebagai material semikonduktor. Semikonduktor graphene memiliki kemungkinan untuk meningkatkan kinerja chip komputer secara signifikan, lantaran dapat menimbulkan chip lebih banyak cepat, tambahan kecil, lalu tambahan hemat energi.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan dari MIFI menggunakan teknik yang disebut “doping” untuk mengubah sifat-sifat graphene menjadi semikonduktor.

Doping adalah proses menambahkan atom asing ke pada struktur material. Dalam persoalan hukum ini, para ilmuwan menambahkan atom molibdenum ke pada graphene.

(Sumber: SindoNews)