Profil OpenAI, Perusahaan Pemilik ChatGPT yang tersebut Baru Saja Pecat Sam Altman

Profil OpenAI, Perusahaan Pemilik ChatGPT yang dimaksud hal tersebut Baru Saja Pecat Sam Altman

InfoCakrawala.com – Mantan CEO OpenAI, Sam Altman tiba-tiba menggegerkan rakyat lantaran dilengserkan perusahaannya sendiri. Diketahui Sam Altman dipecat lantaran komunikasi yang digunakan dinilai kurang dengan dewan perusahaan.

Tapi apa sebenarnya OpenAI itu? Berikut penjelasan singkat tentang OpenAI, sebagaimana dilansir dari Android Authority, Selasa (21/11/2023).

Apa itu OpenAI?
OpenAI adalah perusahaan dan juga laboratorium penelitian kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang digunakan telah dilakukan memberikan kontribusi signifikan di tempat bidang AI, khususnya lewat hasil chatbot ChatGPT.

OpenAI sendiri memiliki kepanjangan Open Artificial Intelligence. Ini adalah perusahaan yang digunakan fokus pada penelitian lalu pengembangan kecerdasan buatan.

Perusahaan ini didirikan untuk menjamin bahwa kecerdasan umum buatan (artificial general intelligence/AGI) bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Profil Samuel Altman, Bos ChatGPT. (imigrasi.go.id)
Profil Samuel Altman, Bos ChatGPT. (imigrasi.go.id)

Siapa pendiri OpenAI?
OpenAI didirikan pada bulan Desember 2015 oleh sekelompok orang terkemuka yang berasal dari industri teknologi kemudian AI. Beberapa pendiri OpenAI yakni Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever, John Schulman, hingga Wojciech Zaremba.

Organisasi ini didirikan pada tahun 2015 dengan misi untuk menciptakan teknologi AI yang digunakan akan memberikan dampak positif luas pada rakyat serta menjadikan teknologi ini dapat diakses oleh semua orang.

Siapa pemilik OpenAI?
OpenAI beroperasi sebagai organisasi penelitian kemudian pengembangan, juga tugas utamanya adalah terhadap umat manusia secara keseluruhan. OpenAI didanai oleh sekelompok organisasi filantropi, termasuk Open Philanthropy Project.

Namun OpenAI tiada cuma dari lembaga filantropi. Mereka juga didanai oleh sumbangan dari individu.

Perusahaan ini tak memiliki pemegang saham serta bukan beroperasi untuk mencari keuntungan. Oleh dikarenakan itu, OpenAI tiada dimiliki oleh individu atau korporasi mana pun.

ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)
ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)

Apa sekadar komoditas OpenAI?
Diketahui OpenAI sudah mengembangkan beberapa komoditas berbasis AI terbaru. Berikut daftarnya.

  • ChatGPT: ChatGPT adalah produk-produk chatbot berbasis kecerdasan buatan. Ini didasarkan pada Generative Pre-trained Transformer alias GPT-3, model bahasa yang mana mampu memahami serta menghasilkan teks mirip manusia.
  • DALL·E:  Produk ini tak lama diumumkan perusahaan. Ini adalah versi terbaru generator gambar AI yang mana dibangun langsung ke mesin pencari (search engine) milik Microsoft, Bing. DALL-E 3 adalah model AI yang digunakan menghasilkan gambar dari deskripsi tekstual, membuka kemungkinan kreatif baru di area bidang seni kemudian desain.
  • CLIP: CLIP adalah model yang digunakan memahami gambar serta teks secara bersamaan. Produk ini memungkinkan berbagai pekerjaan seperti penelusuran visual hingga memahami bahasa alami.
  • Produk lain: OpenAI pun miliki komoditas dan juga proyek penelitian lainnya, termasuk Whisper (sistem pengenalan ucapan otomatis) serta Codex (model bahasa untuk pembuatan kode). Produk-produk ini dapat diterapkan dalam berbagai industri, mulai dari perawatan kesehatan hingga pengembangan perangkat lunak.

Itulah sekilas profil OpenAI, mulai dari pendiri, pemilik, status perusahaan, hingga item yang mana dihasilkan.

(Sumber: Suara.com)