Masa Depan Internet, Hal ini Perbedaan Wi-Fi 5 kemudian 6

Masa Depan Internet, Hal ini Perbedaan Wi-Fi 5 kemudian 6

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sama seperti internet seluler yang digunakan mengalami peningkatan generasi dari 3G, 4G, hingga 5G, begitu pula teknologi jaringan nirkabel. Anda mungkin saja pernah mendengar orang menyampaikan generasi ini dengan Wi-Fi 5 serta Wi-Fi 6, serta bertanya-tanya apa bedanya. Menariknya, selagi kita mengkaji ini, Wi-Fi 6E telah muncul kemudian Wi-Fi 7 akan segera datang?

Mari kita mulai dengan mengenal Wi-Fi. Seperti ejaan kapitalisasinya menunjukkan, Wi-Fi adalah merek dagang terdaftar dari gabungan nirlaba yang disebut Wi-Fi Alliance. Istilah ini merujuk pada varian standar jaringan nirkabel 802.11, yang digunakan dikelola oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers Standards Association. Berkat spesifikasi yang dimaksud disepakati dan juga dikelola ini, Wi-Fi miliki keuntungan interoperabilitas, artinya semua perangkat yang mana terhubung secara nirkabel dapat mengomunikasikan dengannya.

Pada tingkat paling dasar, setiap generasi Wi-Fi lebih banyak cepat juga miliki bandwidth lebih lanjut besar daripada pendahulunya sambil beroperasi pada versi terbaru protokol nirkabel 802.11. Bagi konsumen, ini berarti konektivitas yang digunakan lebih banyak kuat, kemampuan untuk streaming juga mengunduh dengan lebih lanjut mudah, juga ruang bernapas untuk jumlah agregat perangkat terhubung yang digunakan semakin sejumlah di area rumah kita, mulai dari konsol game hingga kulkas pintar.

Perbedaan Wi-Fi 5 juga 6

Generasi sebelumnya dari konektivitas 802.11, Wi-Fi 5, diperkenalkan pada tahun 2013 serta mengawasi adopsi luas pada tahun berikutnya. Ini adalah beroperasi pada standar 802.11ac juga menawarkan kecepatan hingga 3,5 gigabit per detik (Gbps). Ketika dirilis, keberadaan kita semakin berpusat pada internet, jadi ini menawarkan lonjakan kecepatan besar untuk menampung konsol game, smart TV, kemudian semua gadget lain yang ketika itu menjadi umum.

Wi-Fi 6, sebaliknya, diperkenalkan pada tahun 2019. Hal ini beroperasi pada standar nirkabel 802.11ax juga menawarkan kecepatan hingga 9,6 Gbps. Pada ketika dirilis, Siber of Things telah hadir, sehingga ada fokus yang tersebut meningkat pada memperkuat mode pengguna ganda untuk menampung berbagai perangkat pintar. Selain itu, ini mengupayakan kedua pita tingkat kejadian 2,4 GHz kemudian 5 GHz. Ini adalah adalah lonjakan besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Tidak ada alasan untuk membeli router Wi-Fi 5 pada waktu ini oleh sebab itu Wi-Fi 6 serta keperluan rumah yang tersebut terhubung internet yang mana berprogres pesat telah dilakukan membuatnya usang. Sementara itu, dengan Wi-Fi 6E telah ada dan juga Wi-Fi 7 mulai memasuki pasar, Wi-Fi 6 mulai ditinggalkan juga.

Apa itu Wi-Fi 6E juga Wi-Fi 7?

Teknologi internet nirkabel, Wireless Fidelity (Wi-Fi) semakin tumbuh dengan peluncuran Wi-Fi 6E juga Wi-Fi 7. Spesifikasi antara keduanya cukup bikin penasaran. Pada 2020, setahun setelahnya Wi-Fi 6 dirilis, hadirlah Wi-Fi 6E. E singkatan dari extended, lantaran versi protokol ini menggalang pita tingkat kejadian ultra cepat 6 GHz yang tersebut memberikan router rentang tingkat kejadian tambahan besar untuk disiarkan. Perubahan ini diadakan untuk membantu menurunkan kepadatan spektrum – dengan kata lain, untuk menjamin bahwa pengguna dapat menghubungkan lebih banyak banyak perangkat ke router tanpa ada yang tersebut terbuang atau melambat.

Sedangkan versi terbaru dari Wi-Fi disebut Wi-Fi 7 yang menjanjikan lonjakan kecepatan terbesar lalu telah mulai hadir di dalam pasaran. Selain memperkuat tingkat kejadian 2,4 GHz juga dual-channel 5 GHz, Wi-Fi 7 membantu pita 6 GHz. Spesifikasi ini juga meningkatkan lebar saluran menjadi 320 MHz atau dua kali lipat kapasitas Wi-Fi 6. Perbaikan-perbaikan yang disebutkan memberikan kecepatan teoritis hingga 46 Gbps yang tersebut sangat tinggi.

Meskipun sulit untuk menemukan produk-produk dengan memanfaatkan kecepatan sebesar itu, Wi-Fi 7 akan memudahkan hidup bagi merek yang tersebut memiliki konsep smart home . Kecepatan yang disebutkan sebaiknya dikombinasikan dengan peningkatan bandwidth. Beberapa penyedia internet nampaknya siap mengupayakan Wi-Fi 7 secara penuh, dengan Google Fiber mengumumkan kecepatan 20 gigabit yang tersebut akan memerlukan router Wi-Fi 7 untuk dimanfaatkan.

(Sumber:SindoNews)