Apple Pangkas Harga iPhone 15 Rp1 Juta Karena Sulit Bersaing

Apple Pangkas Harga iPhone 15 Rp1 Juta Karena Sulit Bersaing

Infocakrawala.com – JAKARTA – Apple hampir tak pernah memangkas nilai iPhone baru . Karena dianggap terus-menerus laku. Tapi, belum lama ini mereka itu justru menurunkan nilai tukar iPhone 15 di tempat China hingga Rp1 juta. Penyebabnya? Karena kompetisi yang mana ketat.

Pemotongan tarif ritel itu memang sebenarnya hanya sekali dijalankan di area China. Khusus beberapa varian saja, harganya dipangkas hingga 5 persen. Dan ini sudah ada muncul dalam berbagai situs online dalam China.

Memang, Apple mengemas diskon ini untuk menyambut Tahun Baru Imlek pada 18 Januari-21 Januari 2024, yang dimaksud dihadiri oleh hari libur di area pertengahan Februari. Hanya saja, menurut data, transaksi jual beli seri Apple 15 di dalam China memang benar lebih tinggi buruk dibandingkan iPhone 14.

Penyebabnya, lantaran pabrikan HP China seperti Huawei lalu Xiaomi terus merilis model-model yang kompetitif.

Bahkan, menurut sumber Reuters, beberapa departemen dalam pemerintah China juga melarang pengaplikasian iPhone. Ini adalah sebagai “balasan” terhadap aksi pemerintah Amerika yang dimaksud melarang beberapa orang aplikasi mobile buatan China dikarenakan hambatan keamanan.

Penjualan iPhone di dalam China Turun 30 Persen

Penjualan iPhone dalam China turun hingga 30 persen pada minggu pertama 2024 dibandingkan periode mirip tahun lalu. Demikian menurut Analis Jefferies. Bahkan, sepanjang 2023, pelanggan iPhone di tempat China tiada bertumbuh. Justru turun 3 persen.

Pengamat menyampaikan bahwa penurunan yang disebutkan akan berlanjut di dalam sepanjang 2024.

Apple sendiri bukan pernah memangkas harga jual iPhone baru selama bertahun-tahun. Karena itu, diskon untuk iPhone 15 ini banyak mengejutkan analis. Bahkan, apabila dilihat lagi ke belakang, Apple juga tiada meninggikan tarif iPhone 15 ketika dirilis pada September 2023 silam.

Platform online seperti Pinduoduo bahkan telah memangkas nilai tukar iPhone 15 dan juga iPhone 15 Pro hingga 16 persen sejak awal 2024. Di Indonesia, harga jual iPhone 15 dimulai dari Rp15,5 jt (iPhone 15 128 GB) lalu termahal Rp33 jt (iPhone15ProMax).

(Sumber:SindoNews)