Proyeksi Pasar Dark Web 2024: Hati-hati Iklan di area Mesin Pencarian

Proyeksi Pasar Dark Web 2024: Hati-hati Iklan pada area Mesin Pencarian

Infocakrawala.com – Para ahli Kaspersky menyaksikan peningkatan signifikan pada aktivitas pencurian kemudian pemerasan dalam pangsa Dark Web.

Ke depan, perusahaan juga harus mengantisipasi tantangan baru, termasuk meningkatnya peluncuran layanan penguras kripto, perkembangan penawaran situs web palsu melalui iklan penelusuran (search advertising), lalu peningkatan “loader”.

Dalam Kaspersky Security Bulletin (KSB) terbaru, para ahli dari Global Research and Analysis Team lalu Kaspersky Digital Footprint Intelligence t beberapa tren diperkirakan akan membentuk lanskap lingkungan ekonomi dark web 2024.

Penipu akan semakin beralih ke iklan mesin pencari untuk memperkenalkan situs web yang mana berisi malware.

Jika sebelumnya merek bergantung pada email phishing, penjahat dunia maya saat ini menggunakan iklan Google dan juga Bing untuk melakukan konfirmasi halaman arahan mereka itu – yang digunakan dipenuhi malware – menerima sikap teratas pada hasil pencarian.

Dealer lalu lintas gelap kemungkinan akan meningkatkan aktivitas pelanggan merekan pada pangsa bawah tanah.

Ilustrasi Google Search. [Edho Pratama/Unsplash]
Ilustrasi Google Search. [Edho Pratama/Unsplash]

Kaspersky memperkirakan praktik kecurangan ini akan terus meningkat.

Selain itu, penguras kripto, sebuah kategori perangkat lunak berbahaya yang digunakan dirancang untuk pencabutan dana secara cepat dan juga otomatis dari dompet kripto yang tersebut sah ke dompet para penjahat siber, pada masa kini sedang berada di tempat momentumnya di dalam kalangan penipu kripto.

Kaspersky memperkirakan peningkatan permintaan terhadap malware pencuri kripto semacam ini, yang digunakan mengakibatkan peningkatan prevalensi iklan yang dimaksud mengiklankan pengembangan juga penjualannya di area lingkungan ekonomi bawah tanah.

Minat berkelanjutan terhadap kripto, NFT, dan juga aset digital lainnya diperkirakan akan memicu proliferasi alat-alat ini.

Selain itu, para ahli juga mengantisipasi kecenderungan berikut:

Jumlah layanan yang tersebut menyediakan penghindaran Antivirus untuk malware (crypt) akan meningkat

Layanan malware “Loader” akan terus berkembang

Pencampur Bitcoin (Bitcoin mixers) serta layanan pembersihan akan terus berprogres serta menunjukkan inovasi bursa yang dinamis

Ilustrasi Malware (Pexel.com/solarseven)
Ilustrasi Malware (Pexel.com/solarseven)

“Keamanan siber menuntut sikap proaktif. Memantau aktivitas dan juga tren pangsa dark web mirip dengan mengintip pedoman melawan musuh, memungkinkan deteksi dini ancaman, memahami taktik musuh, kemudian menegaskan beberapa langkah lebih besar forward di hal pertahanan dunia maya,” kata Sergey
Lozhkin, Peneliti Ketenteraman Utama, Tim Penelitian juga Analisis Global (GReAT) di tempat Kaspersky.

(Sumber: Suara.com)