Smartphone Anyar HMD Global Dijual Murah, Nasib Nokia Tersingkir?

Smartphone Anyar HMD Global Dijual Murah, Nasib Nokia Tersingkir?

Infocakrawala.com – Perusahaan telah mengonfirmasi bahwa dia akan merilis smartphone baru dengan merek “HMD”. Sejak lengser dari kejayaannya, Nokia diketahui bermitra dengan HMD Global.

HMD mempunyai lisensi untuk memproduksi smartphone dengan merek Nokia. Pernyataan petinggi HMD tentang smartphone anyar “selain Nokia” memproduksi rakyat bertanya-tanya tentang nasib Nokia selanjutnya.

Berdasarkan bocoran terbaru, HP Nokia masih akan dijual berdampingan dengan smartphone HMD. Hal ini berarti merek Nokia tidaklah tersingkir lalu masih hidup. Ponsel Nokia diprediksi akan segera tersedia secara offline. HMD sudah pernah mengumumkan bahwa mereka itu siap merilis tiga ponsel anyar.

Salah satunya merupakan smartphone dengan nilai murah. Laporan dari 91 Mobiles, HP HMD akan dibanderol pada kisaran 10 ribu hingga 15 ribu rupee (Rp 1,8 jt hingga Rupiah 2,8 juta).

Perusahaan kabarnya bukan mempunyai rencana untuk merilis ponsel melebihi 40 ribu rupee atau Simbol Rupiah 7,5 juta. Hal ini berarti ponsel HMD nantinya akan segera cukup terjangkau. HMD Global dilaporkan memegang lisensi Nokia hingga 2026.

Ilustrasi logo HMD Global. [Wikipedia]
Ilustrasi logo HMD Global. [HMD]

Perusahaan akan merilis ponsel dengan nama Nokia lalu HMD secara bersamaan, namun perangkat tersedia di dalam gerai ritel yang digunakan berbeda. Ponsel Nokia yang mana meluncur pada 2024 tersedia secara eksklusif di area toko offline. Sementara smartphone HMD akan diperkenalkan secara online lalu dijual dalam toko ritel besar.

Strategi online kemudian offline akan berdampak pada tarif ponsel HMD lalu Nokia. Smartphone merek HMD diposisikan tambahan “value to money”. Rumor yang mana beredar mengklaim bahwa merek Nokia akan berfokus ke feature phone (ponsel fitur) sementara HMD lebih banyak ke arah smartphone.

Sebagai pengingat, Jean-Francois Baril, ketua eksekutif HMD Global, mengumumkan terkait adanya ponsel anyar dengan merek selain Nokia. Nantinya, merek HMD ini akan berdampingan dengan Nokia. Hal ini berarti kita dapat menjumpai dua merek yang tersebut dipasarkan HMD Global yaitu HMD juga Nokia.

Render smartphone HMD Global dibagikan oleh Suomimobiili (Finlandia) beberapa waktu lalu. Desain render menunjukkan pilihan warna cyan untuk perangkat. Gambar yang dimaksud menampilkan pribadi wanita sedang duduk di tempat depan smartphone yang mana mempunyai branding HMD di area bagian belakang.

HP HMD ini mengemas kamera belakang ganda dengan sensor primer 108 MP. Dua sensor itu tersemat pada modul persegi panjang berwarna hitam pekat. Sebagai catatan, Nokia bukan berinvestasi di area HMD. Namun, dia terus menjadi mitra yang tersebut menentukan standar produksi dan juga memberikan hak paten dan juga teknologinya dengan imbalan royalti dari HMD Global.

(Sumber: Suara.com)