Indonesia Kalahkan Negara Kreator Game di area Piala Asia eFootball, Netizen Bangga

Indonesia Kalahkan Negara Kreator Game di tempat area Piala Asia eFootball, Netizen Bangga

Infocakrawala.com – Timnas Indonesia kalah dari Australia dalam putaran 16 besar Piala Asia 2023 dengan skor 0 vs 4 beberapa waktu lalu. Meski begitu, Timnas Indonesia mempunyai divisi eSports yang mana cukup tangguh. Buktinya, Timnas eFootball Indonesia mampu menjuarai Piala Asia eFootball 2023 atau AFC eAsian Cup 2023 pada Hari Senin (05/02/2024).

Mereka mencetak sejarah dengan mengalahkan Timnas eFootball Negeri Sakura dengan skor 2 vs 0 di tempat fase puncak. eTimnas Indonesia beranggotakan Rizky Faidan, Elga Cahya Putra, lalu Akbar Paulie.

Sebagai informasi, AFC eAsian Cup 2023 merupakan edisi pertama kompetisi yang dimaksud diselenggarakan di tempat Doha, Qatar. Para partisipan pada kompetisi yang disebutkan mengandalkan timnas masing-masing di area game eFootball 2024. Itu adalah game besutan Konami, perusahaan pengembang sekaligus penerbit game selama Jepang.

Kemenangan 2 vs 0 menghadapi Jepun membuktikan bahwa Indonesia mampu mengalahkan negara pembuat game eFootball. Laga puncak menggunakan skema BO3 (Best of Three) seperti fase 16 besar sebelumnya. Hal ini berarti skor yang dimaksud tercipta bisa saja menjadi 2 vs 1 atau 2 vs 0.

Pada game pertama, Timnas eFootball Indonesia menang menghadapi Negeri Matahari Terbit lewat adu penalti. Mereka akhirnya menang dalam sesi tos-tosan dengan skor 3 vs 2. Saat game pertama, Indonesia sempat mengawasi 1 vs 0.

Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)

Namun, Negeri Matahari Terbit menyamakan kedudukan 1 vs 1 oleh sebab itu berhasil mencetak gol di tempat masa injury time. Indonesia dan juga Jepun bermain sengit pada game kedua. Jepun bermain ngotot mengingat merekan tertinggal 0 vs 1 berhadapan dengan Indonesia pada game pertama.

Tendangan bebas indah menjamin Indonesia mengungguli game kedua dengan skor 1 vs 0. Pantauan melalui Trends24.in, tiga hashtag seperti Rental PS, #eAsianCup, King Indo menempati trending topik dalam X (dulu Twitter).

Lebih dari 14 ribu cuitan di tempat X mengeksplorasi kemenangan Timnas eFootball Indonesia menghadapi Jepang. Tak belaka itu, video Grand Final AFC Asian Cup 2023 dengan segera menempati trending nomor satu pada YouTube kategori Game.

Video yang disebutkan trending pasca ditonton lebih besar dari 2,9 jt kali di kurun waktu sehari. Netizen merasa bangga dikarenakan perwakilan Indonesia mampu mengalahkan Jepun dalam laga eSports bergengsi tingkat Asia.

Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)

Bangganya gue. Nggak sia-sia sedari kecil main pada rental PS. Akhirnya ada perwakilan kita yang digunakan ngalahin Jepang,” kata @par**i*78.

Free kick mematikan ala King Indonesia. Terima kasih Faidan, Elga, serta Paudie,” ungkap @re**st*aco.

Banyaknya rental PS membuktikan bahwa akedemi eSports kita sudah ada terbentuk sejak dini,” cuit @dim**j**boku.

Gokil, Indonesia ngalahin negara pembuat game. Akademi rental PS nih bos, senggol dong,” komentar @ri**hb*ng.