Strategi Indosat pada Transformatif dari Telco menjadi TechCo

Strategi Indosat pada Transformatif dari Telco menjadi TechCo

Infocakrawala.com – Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perubahan struktural dari Telco ke Techco.

Untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga memperluas konektivitas pada wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan total BTS 4G sebesar 30,7 persen dibandingkan 2022.

Indosat mencatatakan pada saat ini memiliki 179.000 sites BTS yang digunakan tersebar di dalam seluruh Indonesia.

Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di tempat lebih lanjut dari 46.000 sites belaka di waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang dimaksud lebih besar luas.

Tidak cuma itu, kualitas layanan dalam di ruangan yang tersebut lebih tinggi baik, dan juga pengalaman internet yang tersebut tambahan cepat hingga dua kali lipat.

Menara BTS. [Envato]
Menara BTS. [Envato]

Kecepatan unduh serta latensi lebih lanjut baik, meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming lalu gaming.

Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang mana kuat sebesar 14,8 persen dibandingkan periode 2022menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Dalam kinerja perusahaan sepanjang 2023, belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun.

Sebagian besar digunakan untuk pengembangan usaha selular dan juga perluasan jangkauan jaringan hingga ke tempat perdesaan dan juga terpencil.

Tidak semata-mata itu, perusahaan terus melakukan berbagai kerja sejenis strategis dengan berbagai mitra berskala global.

Mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja mirip strategis pada pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband.

Termasuk melalui pembelian banyak pelanggan aset milik MNC Play pada rangka mempertegas langkahnya di area kegiatan bisnis Home Broadband (HBB).

Perusahaan mencatat kenaikan jumlah agregat pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di area akhir 2023.

Indosat mengumumkan kampanye Pesta Hadiah IM3 pada Awal Minggu (16/10/2023) di dalam Jakarta. Pelanggan bisa jadi mendapatkan iPhone 14 Pro hingga Samsung Galaxy S23 Ultra gratis. [Suara.com/Dicky Prastya]
Ilustrasi Indosat . [Suara.com/Dicky Prastya]

Sedangkan pengguna bergerak bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi mobile milik Indosat, myIM3 juga bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 jt YoY menjadi 37,7 jt pengguna.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan peran strategis Indosat pada menginisiasi perkembangan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di dalam Indonesia.

Bersama mitra strategisnya, ia menambahkan di keterangan resminya, Kamis (8/2/2024), Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia di pengembangan Kecerdasan Buatan Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi dengan berbagai pihak yang digunakan didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami di mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan kemudian memberdayakan seluruh penduduk Indonesia dengan mengakselerasi perubahan struktural digital bangsa,” tutup Vikram.