Platform Grup GoTo Perkenalkan Fitur Ramah Penyandang Buta Warna

Platform Grup GoTo Perkenalkan Fitur Ramah Penyandang Buta Warna

InfoCakrawala.com – Grup GoTo meluncurkan fitur terbaru pada aplikasi Gojek lalu Tokopedia yang tersebut ramah penyandang buta warna, atau yang tersebut secara medis dikenal sebagai defisiensi penglihatan warna.

Fitur baru ini hadir pada dua aplikasi melengkapi pengalaman pengguna aplikasi GoPay, yang mana telah dilakukan dirancang mengikuti standar aksesibilitas internasional.

Dengan tersedianya fitur ramah penyandang buta warna tersebut, Grup GoTo mewujudkan komitmennya untuk menyediakan habitat digital inklusif bagi pengguna aplikasi secara luas, sebagai bagian dari Komitmen Keberlanjutan Tiga Nol Perseroan.

Tanah Sullivan, Head of Sustainability Grup GoTo, menjelaskan, fitur terbaru Gojek lalu Tokopedia ini diharapkan dapat membantu pengguna aplikasi dengan defisiensi penglihatan warna memilih mode tampilan saat menggunakan aplikasi Gojek, juga aplikasi maupun situs web Tokopedia, yang dimaksud paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Fitur terbaru ini menyesuaikan warna layar kemudian menciptakan kontras yang tersebut lebih tinggi tinggi antara teks serta latar belakang, meningkatkan keterbacaan kemudian mengurangi ketegangan mata, terutama dalam lingkungan terang benderang sesuai dengan standar kontras AAA, yang digunakan merupakan standar aksesibilitas tertinggi, dari Web Content Accessibility Guidelines (WCAG),” jelasnya.

Herman Widjaja, Chief Technology Officer Grup GoTo, menjelaskan bahwa menciptakan teknologi yang dimaksud menggalakkan kemajuan secara inklusif untuk semua adalah salah satu tujuan utama GoTo sebagai lingkungan digital.

Fitur baru GoTo, Color Blind Gojek. [GoTo]
Fitur baru GoTo, Color Blind Gojek. [GoTo]

“Peluncuran fitur ramah penyandang defisiensi penglihatan warna di tempat aplikasi Gojek, serta aplikasi maupun situs web Tokopedia, serta desain aplikasi GoPay sesuai dengan standar aksesibilitas internasional, merupakan bagian dari perwujudan upaya GoTo,” ujarnya.

Dia berharap fitur inklusif ini dapat membantu lebih lanjut banyak rakyat juga makin menghilangkan hambatan bagi pengguna aplikasi.

Perkembangan ini memperkuat status Grup GoTo sebagai platform digital pionir inklusivitas digital dalam Indonesia melalui aplikasi Gojek, Tokopedia, dan juga GoPay, apa pun kemampuan fisik mereka.

Selain hadir dalam Indonesia, mode kontras pada aplikasi Gojek juga dapat diaktifkan oleh pengguna aplikasi pada Vietnam kemudian Singapura.

“Penerapan fitur ini bukan belaka memenuhi kebutuhan mendesak para pengguna aplikasi penyandang buta warna, tetapi juga menetapkan standar aksesibilitas dalam industri digital, sehingga memperkuat peran kami sebagai yang terdepan dalam menciptakan lingkungan digital yang inklusif,” tambah Tanah.

Aplikasi Gojek menyediakan mode high contrast yang dapat digunakan oleh penyandang buta warna total (monokromasi).

Aplikasi juga situs web Tokopedia menyediakan fitur ramah penyandang buta warna yang dapat digunakan bagi penyandang buta warna parsial merah-hijau serta biru-kuning.

Aplikasi GoPay dirancang dengan mengikuti standar kontras WCAG lewat pilihan tampilan warna terang (light mode) dan juga tampilan warna gelap (dark mode) untuk kenyamanan pengguna aplikasi.

(Sumber: Suara.com)