Bocorkan Rahasia Vision Pro, Apple Gugat Mantan Karyawan

Bocorkan Rahasia Vision Pro, Apple Gugat Mantan Karyawan

Infocakrawala.com – MENLO PARK Apple menggugat mantan karyawannya yang dimaksud bekerja sebagai insinyur iOS lantaran diduga membocorkan informasi rahasia tentang perangkat komputasi spasial Vision Pro. Gugatan yang dimaksud telah lama diajukan ke pengadilan negara bagian California, Amerika Serikat.

Raksasa teknologi yang digunakan dipimpin oleh Tim Cook itu mengumumkan karyawannya sudah membocorkan banyak informasi termasuk detail yang tersebut bukan diketahui tentang program Jurnal Apple, pengembangan headset VisionOS, dan juga berbagai lagi, untuk jurnalis dan juga karyawan perusahaan lain.

Dalam gugatannya, Apple menyatakan karyawannya yang bernama Andrew Aude itu juga membocorkan strategi kepatuhan terhadap peraturan, jumlah keseluruhan karyawan, lalu karakteristik perangkat keras produk-produk lainnya yang dapat mematikan komoditas serta ciri dalam dalamnya.

Seperti dilansir dari The Verge, Hari Jumat (29/3/2024), Apple merujuk berbagai komunikasi di gugatan tersebut. Antara bulan Juni juga September 2023 saja, Apple mengumumkan Aude terhubung dengan jurnalis Wall Street Journal (WSJ), yang digunakan diberi kode oleh Pak Aude sebagai “Homeboy,” lebih banyak dari 1.400 kali menggunakan perangkat lunak perpesanan terenkripsi.

Aude juga disebut membacakan “Homeboy” daftar fasilitas terakhir untuk komoditas Apple yang mana tiada diinformasikan melalui telepon serta Aude mengirim tambahan dari 10.000 arahan teks untuk jurnalis lain di tempat The Information dan juga melakukan perjalanan melintasi benua untuk bertemu dengannya.

Tangkapan layar dari pertukaran instruksi terenkripsi di tempat perangkat lunak Signal antara Aude dan juga jurnalis WSJ juga muncul di pengaduan. Seperti yang mana dikatakan Apple, Aude kerap mengambil dan juga menyimpan tangkapan layar komunikasinya dalam iPhone dengan alasan untuk menyimpannya untuk anak cucu.

Apple juga menuduh Aude membocorkan daftar layanan final untuk program Jurnal Apple melalui panggilan telepon yang dimaksud terjadi pada April 2023 terhadap reporter yang sama. Sebuah cerita tentang ciri program yang tersebut belum dirilis muncul pada bulan yang tersebut serupa di tempat The Wall Street Journal.

Diketahui, Aude sendiri bergabung dengan Apple pada tahun 2016 sebagai insinyur iOS yang digunakan berfokus pada optimalisasi kinerja baterai. Pengacara Apple mengungkap bahwa posisinya memberi Aude akses ke informasi mengenai lusinan item Apple yang tersebut paling sensitif.