Dipimpin Satya Nadella, Valuasi Microsoft Meroket dari USD300 Miliar ke USD3,06 Billion di 10 Tahun

Dipimpin Satya Nadella, Valuasi Microsoft Meroket dari USD300 Miliar ke USD3,06 Billion pada 10 Tahun

Infocakrawala.com – JAKARTA – Tahun ini memaknai 10 tahun Satya Nadella sebagai pimpinan Microsoft. Pria jika India yang dimaksud sedang berkunjung ke Indonesia itu sukses menghadirkan Microsoft menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dalam dunia berkat cloud computing. Bahkan, lebih tinggi besar dari Apple.

Pada Februari 2014, Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di area dunia dengan valuasi USD300 miliar.

10 tahun kemudian, valuasi Microsoft membengkak jadi USD3,06 triliun. Microsoft bahkan menjadi perusahaan rakyat terbesar di area dunia. Bahkan lebih tinggi besar dibandingkan Apple.

Tapi, apa alasannya? Hal ini berkat kejelian Satya Nadella yang berinvestasi pada teknologi baru yang dimaksud penting dan juga populer. Mulai dari cloud hingga kecerdasan buatan.

Satu dekade mengawasi Microsoft, Nadella mendapat banyak sekali pujian. Ketika mengambil alih kepemimpinan perusahaan dari Steve Ballmer (saat itu saham Microsof anjlok 30 persen), Nadella mengubah arah perusahaan menjadi fokus ke cloud.

Ini adalah langkah jitu, dikarenakan ketika itu Microsoft tertinggal di tempat semua lini. Di hardware/smartphone kalah dengan Samsung lalu iPhone, dalam peramban web dilibas Google, serta di dalam media sosial dihajar Facebook.

“Nadella adalah GOAT di area direktur utama teknologi,” puji Aravind Srinivas, co-founder lalu ketua eksekutif startup Artificial Intelligence Perplexity. GOAT berarti greatest of all time atau yang terbaik sepanjang sejarah.

Aktif Lakukan Akuisisi dan juga Bekerjasama
Strategi terbaik Nadella adalah fokus di dalam hasil serta berkolaborasi (bahkan dengan lawan). Pada 2023, Microsoft berkolaborasi dengan Oracle juga kedua perusahaan berkolaborasi pada bidang cloud.

Pada 2018, Nadella memutuskan untuk membeli forum developer Github belaka di 20 menit pasca mendengarkan presentasi dari VP Microsoft Nat Friedman. Microsoft mengakuisisi Github senilai USD7,5 miliar serta menjadikan Friedman sebagai CEO.

Selain Github, Microsoft juga nekad mengakuisisi perusahaan media sosial untuk pekerja LinkedIn. Juga, meningkatkan kekuatan divisi game dengan membeli Mojang, perusahaan induk Minecraft. Termasuk juga Nuance Communications yang dimaksud pada masa kini berkontribusi besar terhadap pendapatan Microsoft.