Jangan Salah Pilih, Hal ini 7 Perbedaan Tempered Glass kemudian Hydrogel untuk HP

Jangan Salah Pilih, Hal ini 7 Perbedaan Tempered Glass kemudian Hydrogel untuk HP

Infocakrawala.com – JAKARTA – Pelapis anti gores jamak digunakan oleh pemilik smartphone untuk melindungi ponsel kesayangan agar masih mulus. Namun, agar tak bukan salah pilih sebaiknya ketahui perbedaan anti gores tempered glass kemudian hydrogel agar smartphone mendapat pengamanan maksimal, meskipun layar kaca yang mana telah ada diklaim tahan banting.

Faktanya, baik anti gores tempered glass atau hydrogel mempunyai karakteristik yang digunakan berbeda meskipun sama-sama berfungsi melindungi layar.

Langsung saja, berikut 7 perbedaan tempered glass juga hydrogel dirangkum dari berbagai sumber, hari terakhir pekan (24/5/2024).

1. Material

Tempered glass terbuat dari kaca yang dimaksud telah melalui proses pemanasan atau kimia untuk meningkatkan kekuatannya. Itulah mengapa, Tempered Glass cenderung kaku, namun terlihat lebih lanjut kokoh dibandingkan Hydrogel.

Berbeda dengan hydrogel yang terbuat dari unsur poliuretan yang digunakan lebih banyak fleksibel untuk disesuaikan serta dipasang pada layar smartphone.

2. Daya Tahan

Aspek ini memang sebenarnya mempunyai perbedaan yang mana sangat signifikan. Tempered glass berbentuk seperti kaca juga secara otomatis ponsel mempunyai dua lapisan di meningkatkan perlindungannya. Terutama dari benturan, jatuh dari ketinggian tertentu, hingga tekanan.

Di sisi lain hydrogel screen protector mempunyai karakter materi elastis serta dapat mengembang. Jadi, pelindung berbahan hydrogel ini daya tahannya baik untuk menahan dari goresan yang diakibatkan pemanfaatan ponsel pada waktu yang tersebut lama. Hydrogel yang tersebut sifatnya lebih banyak fleksibel, kemungkinan besar tidaklah mudah pecah di potongan besar, tetapi akan mengangkat benturan dengan lebih tinggi baik, mengempiskan dampak segera pada layar asli.

3. Responsivitas Layar

Tempered glass miliki ketebalan setidaknya 0.5 mm. Hal itu bisa saja semata berpengaruh pada tingkat responsifnya. Namun, tidaklah juga merta dengan desain yang tersebut cukup tebal mengempiskan tingkat kenyamanannya.

Lalu beralih ke hydrogel screen protector. Ketebalannya memang sebenarnya bisa saja dibilang lebih banyak tipis, bahkan ada yang digunakan memiliki ketebalan 100 nanometer. Selain seolah tak terlihat pada layar, tingkat responsif lalu sensitivitasnya lebih besar baik berbeda dengan pelindung berbahan kaca.

4. Desain dan juga Tampilan

Desain pada tempered glass dibuat kaku. Hal itu sesuai dengan fungsinya untuk melindungi layar dari benturan. Bentuknya pun ada yang dimaksud mengikuti lengkungan layar kemudian beberapa memang sebenarnya tidak. Sehingga, dapat menyebabkan bias cahaya di dalam bagian samping pada waktu dilihat.

Sedangkan hydrogel screen protector akan menyatu pada layar lalu mengikuti kontur bentuk ponsel dikarenakan sangat tipis. Dengan begitu, dapat menempel dengan erat. Karena menyatu dengan layar dan juga menyesuaikan lekukan maka tak perlu khawatir tangan tersangkut di dalam bagian sisi samping.

5. Daya Tahan Goresan

Tempered glass mempunyai daya tahan gores yang dimaksud besar lantaran mempunyai ketebalan lebih banyak besar dibandingkan dengan hydrogel, namun akan masih membekas pada layar tempered glass.

Berbeda dengan hydrogel yang digunakan apabila tergores benda seperti kunci ataupun koin di tempat di tas, hydrogel akan merepair antigoresnya sendiri sehingga bukan mengakibatkan bekas pada hydrogel.

6. Ketebalan

Tempered glass biasanya mempunyai ketebalan 0.3-0.5 mm dibandingkan dengan hydrogel yang tersebut lebih banyak tipis dengan ketebalan 0.15-0.25 mm.

7. Harga

Hydrogel memang sebenarnya sedikit tambahan mahal bila dibandingkan tempered glass. Harga yang dimaksud memang benar wajar mengingat keunggulan juga layanan yang tersebut dimilikinya. Sebenarnya, tempered glass juga ada yang mana mempunyai nilai tukar cukup mahal. Terlebih lagi bila bentuknya mengikuti struktur ponsel misalnya layar ponsel yang digunakan melengkung. Tentu akan lebih banyak sulit dicari di tempat pasaran sehingga berpengaruh pada harganya.