3 Cara Mengatasi Layar Mati ketika Menelpon di area HP realme

3 Cara Mengatasi Layar Mati ketika Menelpon di area area HP realme

Infocakrawala.com – JAKARTA – Cara mengatasi layar mati ketika menelpon di dalam HP realme penting diketahui. Tak perlu khawatir, solusinya bisa jadi diadakan dengan mudah melalui menu pengaturan.

Pada beberapa kasus, hambatan seperti layar terhenti pada waktu menelpon tidak ada terus-menerus terjadi oleh sebab itu kerusakan hardware. Adapun penyebabnya justru berkaitan dengan fasilitas sensor jarak atau sensor Proximity pada perangkat yang tersebut digunakan.

Sebagai informasi, sensor Proximity merupakan sebuah teknologi yang dimaksud berfungsi untuk mendeteksi seberapa dekat pengguna dengan perangkatnya. Sensor ini sanggup menonaktifkan lampu layar ketika pengguna menempelkan ponselnya dalam telinga untuk menerima panggilan telepon.

Lebih jauh, tujuan dari keberadaan sensor ini sebenarnya cukup bagus, yakni mengurangi sentuhan yang dimaksud tak disengaja. Kendati begitu, pasti masih ada sebagian pengguna yang mana tiada suka layar ponselnya meninggal ketika menelpon.

Menurut laman resmi realme, ada beberapa pemicu layar ponsel berakhir atau masih berwarna hitam ketika melakukan panggilan telepon. Di antaranya pengaruh keberadaan fasilitas sensor proximity, keberadaan aplikasi mobile pihak ketiga yang tersebut tidak ada kompatibel, ruang memori telepon penuh hingga anomali operasi sistem.

Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi layar terhenti pada waktu menelpon pada HP Realme? Berikut ini ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Cara Mengatasi Layar Mati ketika Menelpon di dalam HP Realme

1. Kosongkan Memori lalu Restart Perangkat

Selain dikarenakan sensor, layar ponsel mati ketika menelpon juga sanggup disebabkan dikarenakan memori penuh atau terjadinya anomali pada sistem. Solusinya cukup mudah, yakni hanya saja dengan mengempiskan beban pada ruang penyimpanan.

Setelah itu, cobalah untuk melakukan restart terhadap perangkat. Jika telah pulih, maka langkah telah terjadi berhasil.

2. Mematikan Sensor Proximity

Cara ini digunakan apabila pengguna ingin mematikan sensor proximity. Berikut langkah-langkahnya:

-Buka menu Setting atau Pengaturan di area HP Realme.
-Gulir layar kemudian masuk ke opsi ‘About Phone’.
-Aktifkan developer mode dengan mengetuk ‘Build Number’ ponsel Realme sebanyak 5-6 kali hingga muncul notifikasi bahwa Anda adalah manusia pengembang.
-Kembali ke menu Setting awal, pilih System. Lalu, masuk ke Developer Option.
-Pilih Quick Settings Developer Tiles.
-Setelah itu, akan muncul beberapa opsi.
-Nonaktifkan opsi menu Sensor menjadi off.
-Selesai. Sekarang sensor proximity sudah ada tidak ada aktif.

Sebagai catatan, ada beberapa dampak ketika pengguna menonaktifkan fasilitas Sensor pada perangkatnya melalui mode developer. Menurut LifeWire, fasilitas seperti mikrofon, kamera, akselerometer, sensor proximity, serta lainnya bukan dapat diakses lagi melalui ponsel atau aplikasi.

Maka dari itu, Anda sebenarnya tak dianjurkan untuk menonaktifkan layanan sensor yang dimaksud kecuali untuk keperluan perbaikan ponsel. Jadi, pertimbangkan dulu sebelum melakukannya.

3. Kunjungi Pusat Layanan Realme

Jika hambatan belum terselesaikan, Anda bisa saja memohonkan bantuan terhadap pusat layanan Realme. Langkah ini menjadi yang mana paling bijak daripada mencoba cara lain yang tersebut berisiko merusak perangkat.

Itulah beberapa cara mengatasi layar berakhir pada waktu menelpondiHPRealme.