Generasi Z lalu Alpha Sambut Transformasi Digital UMKM

Generasi Z lalu Alpha Sambut Transformasi Digital UMKM

Infocakrawala.com – JAKARTA – Transformasi digital adalah proses integrasi teknologi digital ke pada semua aspek perusahaan suatu organisasi.Transformasi digital merupakan kunci bagi UMKM Indonesia untuk meningkatkan daya saing kemudian perkembangan ekonomi.

Dengan memanfaatkan teknologi, UMKM dapat memperluas pasar, meningkatkan efisiensi, dan juga memberikan layanan yang dimaksud lebih besar baik terhadap pelanggan.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79, Cahaya Ladara Nusantara (CLN) menyelenggarakan sejumlah kegiatan pemberdayaan serta pendampingan Usaha Mikro Kecil dan juga Menengah (UMKM) untuk Mendunia.

Ketua Umum CLN, Nannie Hadi Tjahjanto menegaskan, pentingnya positioning UMKM Indonesia Mendunia. Nannie menyampaikan bahwa CLN merupakan perkumpulan yang mana didedikasikan untuk memajukan UMKM di dalam seluruh Indonesia.

CLN akan memfasilitasi UMKM Mendunia, salah satunya melalui kerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan pelatihan serta pendampingan bagi para pelaku bisnis UMKM. Dengan demikian, UMKM dapat mentransformasikan bisnisnya menggunakan wadah digital”.ujar Nannie pada acara Pagelaran Karya Kreatif bertajuk Sustainable Fashion Asa Wastra Membumi.

Acara yang disebutkan dilaksanakan pada Ibukota Convention Center pada tanggal 1-4 Agustus 2024. Agenda yang dimaksud merupakan rangkaian dari Festival Sektor Bisnis Keuangan Digital Indonesia kemudian Karya Kreatif Indonesia (FEKDI & KKI).Senin (5/8/2024).
.

Hal serupa, lanjut Nannie, juga pernah ia komunikasikan pada peringatan serius Hari Kebaya Nasional pertama, yang dimaksud dirayakan dengan Presiden RI Joko Widodo dan juga penganugrahan Gelar IBangsa terhadap Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Nannie menyebutkan bahwa pernyataannya sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo pada membuka FEKDI & KKI pada Kamis (1/8) lalu.

“Jumlah UMKM kita sangat besar, 64 juta. Tentu digital UMKM ini akan mendongkrak pertumbuhan dunia usaha digital juga pembayaran digital kita sehingga, saya titip, metamorfosis digital itu harus inklusif, harus berkeadilan. Publik pada pinggiran, penduduk ekonomi lapisan bawah, kegiatan ekonomi mikro, UMKM, semuanya harus mendapatkan akses lalu kesempatan yang mana sama, harus mendapatkan pengamanan yang sama,” ungkap Nannie mengutip pernyataan Jokowi.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses internet dan juga infrastruktur digital pada seluruh wilayah Indonesia.Berbagai acara pelatihan lalu pendampingan disediakan untuk meningkatkan keterampilan digital pelaku UMKM.

Pemerintah menyediakan berbagai skema pembiayaan untuk membantu UMKM di bertransformasi digital dengen menggerakkan kolaborasi antara berbagai pihak untuk menciptakan biosfer digital yang tersebut memperkuat peningkatan UMKM.